Unesa Mewujudkan Generasi Cerdas Berintegritas

Oct 26,2017

Memaknai sebuah kata cerdas, seringkali seseorang menyebut bahwa cerdas itu pandai, pintar, dan berwawasan luas. Pengertian yang melekat dengan sisi intelektualitas manusia, dimana hal tersebut memang sangat penting jika bersentuhan dengan lingkungan kampus apalagi sebagai seorang mahasiswa. Tetapi setelah mahasiswa tersebut berhasil menunaikan tugas dan kewajiban sebagai seorang mahasiswa kemudian lulus menjadi Sarjana, maka cerdas saja tidak cukup jika tidak diimbangi dengan kemampuan dan keterampilan yang lain. Setelah lulus, para wisudawan akan kembali berjuang di arena yang lebih luas dan beragam, bertemu dengan komunitas sosial yang lebih banyak lagi, apalagi jika mereka ikut masuk dalam persaingan dunia kerja dan industri yang variatif. Cerdas yang dibutuhkan adalah cerdas yang berintegritas, dalam arti memiliki komitmen kuat akan pilihan yang di ambil. Jika orang tersebut memiliki jiwa dan komitmen yang kuat tentang integritas, kemudian berhasil dan sukses dalam bidang pekerjaan yang ditekuninya, maka bukan hanya dirinya yang cerdas, tetapi orang-orang yang ada disekitarnya akan termotivasi untuk bisa tertular hal positif tersebut. Orang cerdas berintegritas tersebut akan melahirkan generasi-generasi seperti dirinya. Dan ini tentu akan menjadi hal yang luar biasa demi pembangunan karakter suatu bangsa.

Integritas adalah suatu karakter kepemimpinan yang wajib dimiliki oleh wisudawan yang sesaat lagi akan merasakan dinamisasi lingkungan yang kompleks. Integritas yang dimiliki menjadikan suatu kewajiban untuk menjunjung tinggi dan mematuhi aturan-aturan yang berlaku baik norma hukum maupun norma sosial yang pada akhirnya akan memberikan kepercayaan dan keyakinan kepada masyarakat. Integritas juga harus disertai dengan rasa tanggungjawab dan konsekuensi dari setiap tindakan dan keputusan yang diambil. Untuk mencapai sebuah karakter cerdas beriintegritas maka diperlukan adanya keseimbangan antara kapasitas sumber daya, keahlian (skill) yang dimiliki, dan kinerja. Karena elemen-elemen tersebut akan mampu mempertahankan sebuah konsistensi dan komitmen demi tercapainya sebuah tujuan.

Sebuah kecerdasan akan bermakna apabila bermanfaat bagi pihak lain. Demikian siklus ini akan terus berjalan melahirkan generasi-generasi yang bermanfaaat dan bermartabat, generasi yang tangguh dan sungguh-sungguh dalam berperan mengaktualisasikan ilmunya. Maka pada kesempatan wisuda kali ini, Universitas Negeri Surabaya berharap lulusan kali ini mampu memposisikan diri sebagai seorang Sarjana yang memiliki modal ganda, tidak hanya kecerdasan tetapi juga harus diimbangi dengan integritas dan komitmen kuat untuk mewujudkan Indonesia yang tangguh.

Selamat Untuk Para Wisudawan Yang Membanggakan, Selamat Berkarya Berbekal Kecerdasan Anda, Lahirkan Prestasi dengan Integritas Yang Anda Miliki.